Top Ad 728x90

21 Feb 2013

Cara Membuat Sambal Terasi Mentah

Membuat sambal bukanlah hal mudah bagi semua orang. Meskipun ada orang yang doyan makan sambal, terutama sambal terasi, namun belum tentu dalam membuatnya dia bisa. Berdasarkan pengalaman di keluarga saya, hampir semua orang suka makan sambal, namun tidak semua juga keluarga saya bisa membuat sambal.

Nah, berdasarkan pengalaman tersebut, saya mencoba untuk berbagi mengenai cara membuat sambal terasi khusunya. Untuk cara membuat sambal tanpa terasi, intinya sama, hanya beda di bumbu pelengkap seperti terasi saja. Bahan-bahan dasarnya pun sama, tergantung selera masing-masing jika mau menambhakan bumbu lainnya.
cara membuat sambal terasi
Cabai Merah
Namun karena cara membuat sambal terasi paling banyak dicari orang, maka saya pun tertarik untuk membahas hal ini. Kebetulan juga saya bisa membuatnya, makanya saya mau berbagi untuk Anda yang mau belajar cara membuat sambal terasi. Dan kebetulan juga saya adalah orang paling doayan makan sambal, mau sepedas apapun itu.

Sebelum membuat sambal terasi, siapkan dulu bahan-bahan berikut ini :
1. Cabe atau lombok secukupnya
2. Tomat merah secukupnya
3. Garam secukupnya
4. Terasi
5. Ulekan

Cara Membuat Sambal Terasi-nya:
Cuci cabai dan tomat hingga bersih, kemudian biarakan airnya menetes. Masukkan cabai atau lombok ke dalam ulekan dan beri garam secukupnya. Ulek hingga hancur dan masukkan terasi dan ulek sampai merata. Terakhir, potong-potong tomat hingga menjadi bagian kecil ke dalam ulekan dan tumbuk hingga hancur. Sambal terasi pun siap di sajikan.

Note :
Jangan pernah membuat sambal dengan cara di blender, selain mengandung banyak air, rasanya juga jauh lebih tidak enak dan menjijikkan. Bukannya meningkatkan selera makan, tapi justru menurukan selera makan. Itu bagi saya, tidak tahu dengan Anda, karena saya lebih suka dengan sambal tradisonal. Salam

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90