Top Ad 728x90

21 Feb 2013

Apa Itu Terasi?

Terasi adalah jenis bumbu dapur yang dibuat dari berbagai jenis ikan ataupun udang yang difermentasikan. Terasi berbentuk adonan kue dodol dan memiliki warna ciri khas coklat hitam. Beberapa produsen terasi memberikan sedikit pewarna untuk membuatnya sedikit kemerahan.

Terasi merupakan salah satu bumbu masakan paling penting di kawasan Asia, khsusunya di Asia Tenggara. Terasi memiliki bau yang sangat menyengat dan sering dijadikan bumbu dalam membuat sambal terasi. Di Malaysia, terasi bisanya dibakar untuk mendapatkan rasa yang lebih enak.
resep sambal terasi
Terasi
Bau yang dikeluarkan oleh terasi bakar pun memiliki aroma yang sangat enak, namun sangat menyengat ke hidung. Di Indonesia, khsusunya Bangka merupakan daerah penghasil terasi yang cukup unik, dimana terasi di tumbuk menggunakan lesung yang yang katanya sudah puluhan tahun tidak pernah di cuci.

Selain Bangka, Cirebon merupakan salah satu penghasil terasi terbesar di Indonesia. Cara pembuatan terasi pun cukup mudah, udang atau ikan yang masih segar dari laut langsung di rebus, kemudian di tumbuk dengan garam menggunakan lesung kayu. Setelah di tumbuk kemudian di jemur.

Setelah kering, terasi kembali ditumbuk sampai benar-benar hancur seperti adonan kue yang siap dibentuk. Setelah jadi, terasi pun siap dikirim ke pasar untuk di jual. Di pasar, terasi dijual dengan harga yang bervariasi, tergantung jenis dan kualitas terasi itu sendiri. Demikianlah sedikit informasi mengenai terasi. Salam

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90